Cara Membuat Sampling keyboard menggunakan laptop
Banyak keyboard dan software yang saat ini telah menyediakan fasilitas custom sampling, artinya kita bisa memasukan suara apapun ke dalam keyboard atau software tersebut untuk digunakan dalam produksi musiknya. Kehadiran fasilitas custom sampling ini sangat membantu untuk mendapatkan warna suara (timbre) yang kita inginkan.Pada umumnya klasifikasi sampling ini terbagi tiga :
- Single Sampling : Hanya satu sample untuk semua not, tuts, oktaf dan velocity
- Multi Sampling : Satu not, oktaf, dan velocity bisa berisi beberapa sampling
- Loop Sampling : Sampling berupa looping (satu putaran berulang-ulang)
- Record : merekam sampling
- Slice : Memotong bagian sampling yang diinginkan
- Patch : menempatkan (assign) sampling itu ke not, tuts atau velocity yang diinginkan
A. RECORD
Saya akan jelaskan merekam menggunakan computer, bukan menggunakan fasilitas record di keyboard.
- Siapkan instruments atau sumber suara lain yang akan disampling, baik itu alat music, atau sumber suara lain seperti suara manusia, angin, dll
- Hubungkan sumber suara dengan computer, perhatikan apakah melalui LINE IN atau MIC IN. apabila merekam dari keyboard, vcd player, dll berarti melalui LINE IN, apabila merekam menggunakan microphone, berarti melalui MIC IN.
- Setelah sumber suara terhubung dengan benar ke computer, setting pengaturan soundcard, apabila Anda menggunakan soundcard dari motherboard computer Anda, lihat pengaturannya di control panel-> sound
- Rekamlah menggunakan software. Ada banyak software yang bisa merekam baik itu yang gratisan maupun berbayar. Atau menggunakan software SOUND RECORDER bawaan windows juga bisa.
- Rekamlah menjadi format minimal WAV 44.1kHz 16bit
B. SLICE
Setelah sumber suara terekam, selanjutnya kita akan memotong (slice) bagian suara yang ingin kita sampling dari hasil rekaman tadi. Bisa menggungkan software wav editor seperti wavelab, cool edit, adobe edition atau software-software video editing. Asalkan software tersebut bisa memotong file wav.
Dari gambar di atas, terlihat waveform hasil rekaman kita, dan ada bagian garis kosong di awal. Bagian garis kosong itulah yang akan kita hapus, agar sampling rekaman tersebut berada tepat di time 00:00
Untuk mempermudah pemotongan, zoom waveform agar bisa melihat dengan jelas awal pangkal sampling. Posisikan cursor disana, blok dan hapuslah (delete) bagian yg kosong tersebut.
Setelah di hapus, maka sekarang sampling sudah benar-benar berada di time 00:00
Untuk tahapan yang lebih komplit, Anda masih bisa terlebih dahulu mengedit file sample Anda tersebut, apakah untuk normalize, eq, menambah fx, dll.
Simpan file tersebut dan Sampling sudah bisa digunakan. Sebagai contoh, file tersebut saya simpan dengan nama “Gendang Dangdut Solfegio.wav”.
C. PATCH
Langkah berikutnya adalah menempatkan (patch) sampling ke keyboard atau software yang kita gunakan. Sebagai contoh :
- Keyboard Korg PA800
Tekan menu SOUND di grup MODE (sebelah kiri atas), lalu tekan record.
Tekan segitiga di pojok kanan atas dan klik LOAD SAMPLE. Cari sampling kita tadi, sebagai contoh saya akan load file “Gendang Dangdut Solfegio.wav”
, setelah ketemu, klik WRITE.
Sound sampling telah berada di memori internal (RAM) Korg PA800. Dan sudah bisa Anda tempatkan di salah satu not, contohnya di Drum Kit.
Langkah selanjutnya Anda bisa membaca buku manual Korg PA800.
- Software Battery 3 (Native Instrument)
Buka software Battery 3, klik kanan pada salah satu cell yang kosong, klik ADD SAMPLE
Cari file sampling kita tadi, sebagai contoh saya akan load file “Gendang Dangdut Solfegio.wav”
Jika nama file telah tampil di cell tersebut, maka sample sudah di patch dan siap untuk digunakan di software Battery.
Demikian penjelasan singkat tentang membuat sampling. Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
- Semakin baik media rekam (software, soundcard, microphone, preamp, dll) maka semakin baik hasil rekaman yang didapatkan
- Rekamlah sampling di ruangan yang minim dari suara bising, sehingga hanya suara yg diinginkan saja yang akan terekam
- Jika menggunakan microphone, aturlah posisi microphone ke arah terbaik terhadap sumber suara. Tidak selalu berada di garis lurus dengan sumber suara.
- Untuk mendapatkan sound sampling yang benar-benar baik dan detil, sangat dibutuhkan peralatan yang memadai dan system yang kompleks.
Dalam penerapannya di dunia music digital, sampling bisa dimanfaatkan sebagai sound module (sumber suara tambahan) untuk dimainkan melalui midi di keyboard.
No comments:
Post a Comment
jangan lupa tinggalkan komentar .... trimakasih atas kunjungannya